Bersama aktivis kampus

Tiba-tiba pagi menuju siang, ada sms dari nomor yang tidak dikenal. Intinya mengajak silaturahim ke salah satu mantan aktivis kampus yang sekarang sudah bekerja di salah satu departemen pemerintahan. Syukurlah, sabtu siang itu memang sedang tidak ada agenda, jadi kuputuskan untuk ikut, karena juga memang sudah lama tidak bertemu dengan beliau, kangen juga dengan tausyiah-tausyiah dan diskusi bersama beliau. Kesempatan langka, karena beliau bekerja di Bogor, walaupun keluarga ada di Jogja, jadi ini kesempatan yang baik bersilaturahim (masuk di lembar mutabaah kan ya?he…).

Siang ba’da dzuhur kami berkumpul di masjid fapet tercinta. Setelah beberapa waktu dan semua anak telah berkumpul maka berangkatlah kami menuju lokasi di Jakal km 9. Sudah kuduga bahwa semua anak-anak yang ikut adalah mahasiswa yang masih aktif di organisasi, bahkan mahasiswa baru 2011pun iku. Hmm ckckckck… tapi bolehkan mahasiswa sepertiku ikut pula. Yah, menyenangkan bersama adek-adek yang sedang semangat-semangatnya menuntut ilmu dan sedang merangkai idealisme dan menikmati masa muda mereka. Semangat itu ternyata menular kawan. Ternyata perjalanan tak semulus yang diharapakan, rupa-rupanya rombongan yang banyak ini tak ada satupun yang tahu rumah beliau. Hahaha… yah, akhirnya kami berhenti sejenak untuk menunggu instruksi dari sang ketua rombongan yang sedang memastikan di manakah tepatnya letak rumah beliau. Setelah beberapa saat akhirnya ketua rombongan menemukan gang menuju rumah beliau. Hmm, akhirnya sampai juga.
Kami disambut oleh sang tuan rumah dengan baik, dan juga disambut pula oleh istri dan putra beliau. Ih…lucunya, si Najib. Yah, beramah tamah sebentar dan juga acara taaruf (perkenalan) karena beberapa dari kami ada yang belum mengenal. Apalagi aku, mana kenal ma semua adek-adek itu (ikhwan maksudnya, kalo yang akhwat inysaallah dah kenal). Yah, okelah waktu taaruf sudah selesai. Dan saatnya acara inti, tausyiah sekaligus diskusi.

Tema tausyiah ternyata sangat kami butuhkan, apalagi untukku, tepat sekali. Dunia pasca kampus. Bagaimana menghadapi dunia pasca kampus yang ternyata jauh dari idealita yang selama ini ada di kampus. Akan ada banyak benturan, antara cita-cita dan kenyataan yang harus dihadapi. Karena itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi masa depan yaitu dengan memperkuat kapasitas internal dan eksternal kita. Kapasitas internal yang dimaskud yaitu yang perrtama, kita harus kokoh baik secara ma’nawiyah, fikriyah, da’awiyah, jasadiyah dan juga mandiri baik dalam pengembangan diri ataupun finansial; yang kedua adalah dinamis dan kreatif untuk sesuatu yang baru; ketiga memiliki spesialisasi ilmu dan juga berwawasan global. Sedangkan untuk kapasitas eksternal yang harus kita punya adalah menjadi murobbi yang produktif, mampu beramal jama’i dalam dakwah dengan baik, sebagai pelopor perubahan di masyarakat, dan kita harus bisa menokohkan diri kita ke ranah sosial dengan pribadi yang kredibel baik secara moral maupun intelektual.
Pesan beliau yang cukup membuatku terinspirasi adalah jangan menunggu adanya perubahan tapi kitalah yang menciptakan perubahan itu dan tentukanlah visi hidup dari sekarang sebelum benar-benar keluar dari kampus, walaupun nanti kita akan ditentukan oleh takdir. Oh ya satu lagi jika kita bekerja di ranah birokrasi maka adanya kepahaman terkait politik, memiliki jaringan yang luas dan juga spesifikasi ilmu yang matang akan membantu kita dalam meraih masa depan dan cita-cita kita.

Terima kasih, buat adek-adek yang sudah mengajak mbak yang satu ini untuk ikut bertandang dan bersilaturahmi bersama antum/antuna sekalian, serta Pak Yuari dan Mbak Azizah atas jamuan siang sampai sore itu, semoga keberkahan atas antum berdua dan keluarga.

Sore yang penuh dengan semangat, yang membuatku berdamai dengan masa lalu dan kenyataan saat ini, yang beberapa hari ini membuatku sangat tak nyaman. Peace…(^_^)V

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s