Namaku E.R.L.I

Namaku ERLI kalau dieja E.R.L.I. Sudah jelas namaku ERLI, dengan huruf paling belakang I bukan dengan Y. Heran, kenapa kebanyakan orang menuliskan namaku dengan huruf Y untuk menggantikan huruf I. Fenomena ini kutemui dibeberapa kesempatan, misalnya ketika seseorang menuliskan namaku difacebook, sms atau bahkan ketika menuliskan surat dan undangan atau bahkan untuk dokumen-dokumen penting lainnya. Seperti dalam presensi saat SMA khususnya kelas 2. Jadi teringat, waktu itu guru Bahasa Indonesiaku yaitu Pak Widi, memanggil namaku dengan mengeja E.R.L.Y semua anakpun keheranan aku sendiri juga bingung, kenapa Pak Widi memanggilku dengan seperti itu. Lalu beliau menjelaskan, dalam Bahasa Indonesia huruf Y tidak bisa dibunyikan I selayaknya bahasa Inggris. Jadi secara otomatis beliau memanggilku dengan dieja..E.R.L.Y… hahaha.. aku sendiri tertawa, heran benar dengan namaku sendiri. Padahal dalam akta kelahiran ataupun ijazah-ijazah namaku jelas tertulis E.R.L.I bukan E.R.L.Y. jadi kawan marilah sekarang memanggilku atau jika menuliskan namaku yaitu E.R.L.I bukan E.R.L.Y (seperti ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan).
Jadi teringat lagi saat masih kecil. Dulu saking ribetnya mengucapkan ERLI aku sendiri akhirnya mengganti nama panggilanku bukan ERLI tapi MBAK EVA. Nah dari mana pula nama itu berasal??? Yah, dari nama belakangku EVANI, dan aku sendiri mengaharuskan dengan sapaan MBAK, itu wajib. Hah dasar anak kecil… dan baru kusadari beberapa tahun lalu ketika bertemu dengan teman-teman almarhum bapak. Saat itu menyapaku dengan sebutan mbak Eva, tapi berhubung aku sendiri nggak ngeh jadinya bingung sendiri, siapa itu mbak Eva??? Oalah yang di maksud ya aku… hehe… yah karena kejadian itu aku teringat saat kecil yang tidak pernah mau dipanggil dengan nama ERLI, tapi jika memanggilku dengan sebutan mbak EVA. Bahkan sampai saat ini kebayakan teman-teman almarhum bapak lebih familar memanggilku dengan nama mbak Eva. Sekarang ini aku lebih senang dengan panggilan ERLI (pakai I bukan Y), walaupun ada juga yang memangggilku dengan sebutan lain, misalnya Evan dan mbak Eva. Yah, sebenarnya suka-suka saja memanggil namaku dengan penggalan nama yang mana saja, asal kalau pas manggil ngeh, kalau nggak ngeh ya maaf kadang loadingnya lama…he..

8 thoughts on “Namaku E.R.L.I

  1. sip2, pengalaman yg sama ttg nama :
    buat yg belum kenal, rata2 pasti salah nulis nama lengkap saya, hadeh >_<

    *oiya, gambar tulisan erlyi yg y-nya dicoret ant buat sendiri or nyari dari gugel *penasaran.com*

  2. Istriku juga namanya E.R.L.i tapi di buku arisan Ibu ibu PKK di tulis ERLY pun klw lg dpt undangan hajatan jg di tulis pake huruf Y bukan i,aneh ya,klw dpt sms jg nanyanya tulisannya gini “mbak erly nya dimana,” kenapa pke y bkn i gtoe

    • karena nama erly biasanya dari luar jadinya kalo “y” dibaca bhs inggris kan “i”, yah ini namanya hasil penjajahan kolonial he…kok jadi nyalah-nyalahin jaman penjajahan yak… salam kenal untuk mas (pak???) ugeng dan juga sang istri tercinta…. hiii nama kita sama 9padahal seumur-umur belum pernah nemuin nama yang sama dengan saya, baru kali ini… :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s