Hasil Pilpres

Hasil Rekapitulasi TPS 01 Kebumen

Hasil Rekapitulasi TPS 01 Kebumen


Ini adalah pengalaman kedua ku menjadai saksi di pemilu. Pertama Pemilu Legeslatif April lalu dan sekarang Pemilu Presiden. Senang bukan main menjadi bagian yang ku rasa tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini. Bukan masalah kesempatan mendapatkan uangnya tapi kesempatan untuk sesuatu yang sangat menentukan bagi keberlangsungan Pemilu.

Dari sini aku menjadi tahu banyak hal, terutama pilihan seseorang terhadap partai/ calon legeslatif ataupun calon presiden. Bolehlah sedikit aku coba untuk menganalisis di TPSku sendiri dimana aku juga menjadi saksi di sana. Hasil Pileg (pemilu legeslatif) kemarin untuk DPR pusat ternyata PDI mendapat suara unggul, kemudian disusul PKB dan Demokrat (sengaja hanya mengambil 3 besarnya saja). Untuk DPRD Propinsi diungguli PKB, dilanjutkan Demokrat dan PDI. Sedangkan untuk DPRD Kabupaten PKS, Demokrat dan Gerindra. Dari ketiga urutan teratas ini selisih suara tidak terlalu signifkan, hanya 2 – 5 suara.

Nah, bagaimana bisa antara DPR, DPRD Propinsi dan DPRD kabupaten bisa berbeda-beda keunggulan masing-masing pemenangnya? Sebenarnya mudah saja, semua itu karena ketokohan seseorang. Nah, jika ada salah satu calon legeslatif dikenal oleh masyarakat, maka dengan mudah ia akan mendapatkan suara. Sebagai contoh, untuk tingkat DPRD Kabupaten di menangkan oleh PKS, sebetulnya tidak PKSnya di pilih tapi yang dipilih adalah calon legeslatif yang memang sang calon TPSnya ada ditempatku, jadi bisa dipastikan keberhasilannya. Nah, bagimana dengan DPR dan DPRD Propinsi? Berdasarkan data kemenangan atas PDI dan PKB bukan karena calon legeslatif yang dipilih tetapi partailah yang dipilih. Mengapa kemudian ada pergeseran yang begitu signifikan antara DPR dan DPRD kabupaten? Dimana PKS tidak menjadi 3 besar di DPR dan DPRD propinsi dan menang hanya di DPRD kabupaten, dimana PDI dan PKB tidak masuk tiga besar? Jelas hal ini selain faktor dari si calon legeslatif yang memang berasal dari TPSku juga karena tokoh masyarakat setempat yang berpengaruh sangat besar yang menggiring suara untuk DPR dan DPRD kepada kedua partai tersebut.

Nah, lagi-lagi tokoh, seseorang bisa menggiring suara dengan signifikan. Hmmm, jadi bisa disimpulkan bahwa untuk memenangkan sebuah kompetisi apapun itu maka ketokohan seseorang di suatu wilayah (khususnya Indonesia) menjadi sangat penting (pantes saja waktu kuliah metode penyuluhan eh apa evaluasi penyuluhan, tokoh masyarakat mempunyai peran utama dalam merubah sikap warga). Oke bisa menjadi satu catatan besar untuk kita semua.

Oke berikutnya saya akan menganalisis bagaimana perolehan suara untuk pilpres hari ini. Bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan hasil pileg kemarin. Dua partai teratas yaitu PDI dan PKB yang berkoalisi dengan mengusungJokowi-JK sebagai calon presiden dinyatakan menang dari Prabowo-Hatta yang diusung oleh Gerindra-PKS-Golkar-PPP-PAN. Hal ini menurutku tidak terlalu mengagetkan karena berdasarkan hasil pileg kemarin yang sudah terpampang nyata. Dan hal ini menjadi satu pelajaran yang penting dan berharga untukku sebagai individu maupun sebagai salah satu kader PKS (eh jujur banget sih🙂 ), bahwa ketika kita di masyarakat pekerjaan kita jauh lebih banyak, dan lebih kompleks. Mereka bukanlah orang yang mempunyai pemikiran yang sama dengan kita (aku maksudnya), mudah menerima informasi dan menyaringnya dengan bijak. Mereka cenderung realistis dengan apa yang ada di depan mereka. Jika tidak mendapatkan sesuatu maka tak akan memberi sesuatu. Sedangkan aku (pribadi) terbiasa dengan wacana idealis, mimpi, cita-cita yang panjang, harapan yang tinggi.

Mungkin begitu saja hasil analisis ecek-ecekku yang mungkin jauh dari kriteria ilmiah. Hanya mengucapkan selamat bagi yang calon presiden yang akan berhasil menduduki jabatan sebagai presiden, semoga bisa amanah dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya, semoga bisa membawa bangsa ini kembali menjadi bangsa yang “merdeka” dan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang unggul. Bagi yang belum terpilih menjadi presiden, semoga tetap dan terus berkarya untuk bangsa ini. Lalu bagi pendukung capres yang menang saya ucapkan selamat, akhirnya tugas kalian untuk memenangkan calon kalian berhasil. Bagi para pendukung capres yang belum menang, maka jangan berkecil hati karena calon presiden yang menang tidak akan menelantarkan kalian semua. Siapapun calon presiden yang menang maka dia adalah Presiden Kita Semua, (kok PKS lagi…hehehe…). Akhirnya black campaign tidak lagi ada bergemuruh di dunia maya ini, pun juga dengan TV (Jujur jadi males nonton TV dan baca twitter/fb gegara banyak yang berseliweran kampanye hitam). Semoga kontribusiku ini bisa menjadi satu saksi penimbang amalan baik di akhirat nanti (jadi saksi niatin ibadah juga ya :)). Amin.

Satu catatan penting untuk pemilu hari ini dan ini yang paling menyenangkan dibandingkan pemilu kemarin yaitu tidak ada kebal kebul asap rokok dan pulangnya tidak sampai malam. Menghitungnya secepat kilat, kalau kata anggota KPPSnya dah kayak Valentino Rossi yang ngebut di Motor GP, hehehe. Selamat untuk KPPSnya yang sukses menjalankan tugasnya.

Terima kasih. Salam SATU hati🙂

2 thoughts on “Hasil Pilpres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s